Menyimpan Air Susu Ibu Perah Dengan Tepat

Menyimpan air susu ibu perah dengan tepat merupakan hal yang penting untuk memastikan kualitasnya tetap terjaga. ASIP yang disimpan dengan baik dapat memberikan nutrisi yang optimal bagi bayi, sementara ASIP yang tidak disimpan dengan benar dapat kehilangan nutrisinya dan menjadi lebih rentan terhadap bakteri.

Baca Juga: Tentang Menggendong Bayi Baru Lahir

Berikut adalah beberapa cara untuk menyimpan ASIP agar kualitasnya tetap terjaga:

  • Memilih wadah

Pilihlah wadah penyimpanan ASIP yang dirancang khusus untuk tujuan ini. Wadah penyimpanan ASIP yang baik adalah yang tahan bocor dan mudah dibersihkan. Sebaiknya gunakan wadah berbahan kaca atau plastik yang aman untuk digunakan dengan makanan.

  • Simpan ASIP di suhu yang tepat

ASIP sebaiknya berada di tempat bersuhu dingin, terutama untuk jangka waktu yang lama. ASIP dapat berada di dalam kulkas dengan suhu antara 0-4 derajat Celsius. Jangan menempatkan ASIP di pintu kulkas, karena suhu di sana lebih tidak stabil seperti dengan bagian dalam kulkas.

  • Label dan tanggal

Sangat penting untuk menandai wadah penyimpanan ASIP dengan tanggal dan waktu di setiap botol ASIP. Ini membantu untuk memastikan ASIP tidak tersimpan terlalu lama dan tetap terjaga kualitasnya. Label juga membantu memudahkan dalam mengambil ASIP tertentu.

  • Simpan ASIP dalam jumlah kecil

Sebaiknya menyimpan ASIP dalam jumlah kecil, misalnya hanya beberapa ons, untuk memastikan bayi dapat mengonsumsi ASIP segar. ASIP yang sudah cair sebaiknya tidak Morumoms simpan kembali di dalam kulkas, karena dapat meningkatkan risiko kontaminasi bakteri.

  • Jangan panaskan ASIP terlalu lama

Jika Morumoms memutuskan untuk memanaskan ASIP sebelum memberikan kepada bayi, pastikan untuk tidak memanaskannya terlalu lama. Panaskan ASIP hanya sebentar dengan suhu yang tepat dan pastikan ASIP tidak sampai mendidih, karena hal ini dapat mengurangi nutrisi di dalam ASIP.

Baca Juga: Morumoms, Kenali Manfaat Madu Bagi Anak

Menyimpan air susu ibu perah dengan tepat dan benar membutuhkan perhatian dan kehati-hatian ekstra. ASIP yang baik adalah yang terjaga kualitasnya dan memberikan nutrisi yang optimal bagi bayi. Jangan ragu untuk bertanya pada dokter atau konsultan laktasi jika Morumoms memiliki pertanyaan tentang cara menyimpan ASIP yang benar. -KJ

 

Similar Posts

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *