orangtua baru

Serunya Menjadi Orangtua Baru!

Merubah gaya hidup saat setelah kehadiran Si Kecil atau jelang kelahiran adalah hal yang sering terjadi pada orangtua baru. Kini kita harus mulai bersiap untuk kembali menyesuaikan waktu antara pekerjaan, rumah tangga, dan Si Kecil karena bagaimanapun ia akan menjadi top priority papa mama, bukan?

Hal yang tidak boleh terlupakan sebenarnya justru ada pada diri Papa dan Mama. Kesehatan fisik dan mental sebagai orangtuanya adalah yang utama. Mengapa? Karena ia akan selalu membutuhkan kehadiran Papa dan Mama yang bugar untuk menjalani hari-harinya. Nah jika sekarang Papa dan mama sedang bersantai-santai, yuk simak tips menjadi orangtua baru yang andal bagi Si Kecil!

Poin Prioritas Utama Orangtua Baru

Waktu beristirahat

Tak bisa dipungkiri bahwa kita sudah semakin menua, ya? Meski beberapa orang memiliki badan yang bugar tapi bagaimanapun semua orang membutuhkan istirahat yang cukup. Kekurangan waktu tidur bisa terjadi karena banyak hal seperti pekerjaan, menonton dan lainnya yang tentu akan menyebabkan kelelahan. Selain itu, akibat lainnya adalah kemampuan otak seperti ingatan dan konsentrasi akan menurun karenanya.

Saat ini, menidurkan Si Kecil bisa menjadi prioritas karena terkadang cukup sulit untuk melakukannya. Namun, jika sudah berhasil maka ini waktu yang tepat untuk ikut beristirahat juga. Kurangilah aktivitas yang bisa dilakukan nanti seperti hanya sekadar bermain gawai. Khusus bagi Morumoms yang menyusui cukup penting karena waktu istirahat juga menentukan kualitas ASI, lho!

Menjaga dan merawat kesehatan

Masih melanjutkan poin sebelumnya, tentu apalagi jika bukan kesehatan. Kehadiran Si Kecil tentu akan membuat adanya pembagian peran antara Papa dan Mama. Karena pembagian ini maka akan sama-sama meningkatkan kesibukan Papa maupun Mama. Untuk menyikapinya maka kesehatan adalah yang perlu untuk dijaga. Pastikan asupan gizi Papa Mama selalu terpenuhi, olahraga yang cukup dan selalu melakukan aktivitas positif karena bukan hanya fisik, mental juga perlu perawatan ya!

Tetap aktif dalam kehidupan sosial

Tetaplah rutin berinteraksi dengan teman-teman Papa dan Mama, tentu dalam hal positif ya. Karena kita perlu menjaga hubungan dengan sesama, selain itu bersosialisasi juga memungkinkan adanya pertukaran informasi pengetahuan yang mungkin saja dapat bermanfaat bagi Papa dan Mama. Tetap ingat ya bahwa kita ini mahluk sosial.

Meluangkan waktu berdua dengan pasangan

Memang benar, waktu berkualitas antara orangtua dan Si Kecil adalah penting. Namun pentingnya juga sama dengan kualitas waktu yang Papa dan Mama lakukan. Hal ini sebenarnya penting untuk menjaga stabilitas psikologis pasangan. Ada banyak sekali kegiatan berdua yang dapat orangtua lakukan bersama seperti membaca buku, olahraga, menonton film semasa pacaran dan segala hal lainnya yang membuat Papa dan Mama merasa rileks dan saling memberikan perhatian satu sama lain.

Masa-masa awal sebagai orangtua atau yang akan menjadi orangtua biasanya tidaklah mudah. Karena sejak dulu terbiasa menjaga hubungan kepada suami atau istri, kini dengan hadirnya Si Kecil akan membuat adanya kebiasaan baru. Memang terdengar cukup merepotkan, ya! Namun sebenarnya itulah salah satu sumber kebahagiaan kita sebagai orangtua! -KJ

Similar Posts

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *